Saturday, February 23, 2013

Siap-siap Beli Mobil Listrik Mitsubishi Outlander Plug-in Hybrid


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tak mau kalah dengan kompetitor seperti Toyota yang sudah memperkenalkan sedan hybrid Toyota Prius ke pasar Indonesia, Mitsubishi Motors melalui distributor tunggalnya di Indonesia, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) dalam waktu dekat akan memperkenalkan mobil hybrid yang sangat ramah lingkungan, Mitsubishi Outlander Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) ke pasar Indonesia.
Masih belum memadainya infrastruktur terutama terminal pengisian ulang untuk batrei pada mobil listrik, tidak menjadi halangan buat Mitsubishi untuk mulai mengedukasi konsumen tentang mobil ramah lingkungan. Berdasar hasil pengetesan di Jepang, satu liter bahan bakar pada mobil ini bisa menempuh jarak hingga 67 km.
Ridwan Alamsjah, Execitive Marketing Director KTB dalam acara media gathering di Rumah Maroko, Jakarta, Jumat (22/2/2013) malam mengatakan, berbeda dengan city car hybrid Mitsubishi i-MIEV yang pernah diperkenalkan ke Indonesia melalui donasi unit mobil ini ke Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Outlander PHEV bisa mengisi ulang sendiri sel baterainya saat mobil sedang melaju, tanpa harus mengisi ulang di rumah atau stasiun pengisian ulang baterai.
Cara kerja mobil ini adalah, pada saat mobil mencapai kecepatan tertentu, motor listriknya akan langsung bekerja dan secara otomatis akan mengisi ulang baterainya.
Kapan mobil ini akan resmi diperkenalkan ke publik otomotif Tanah Air? Ridwan belum bisa memastikan. "Kita menunggu informasi resmi dari prinsipal (Mitsubishi Motors Corporation). Mungkin menunggu giliran dengan negara lain yang akan masuk lebih dulu," ujar Ridwan.
Ridwan menegaskan, diperkenalkanya Outlander PHEV ini merupakan wujud keseriusan Mitsubishi dalam mengembangkan mobil listrik yang berteknologi tinggi di Indonesia. Selain itu, juga untuk memperluas portofolio produk mobil penumpang Mitsubishi di pasar Tanah Air.
Berdasar image mobil ini yang diperoleh Tribun, Outlander PHEV merupakan mobil listrik hybrid berjenis sport utility vehicle (SUV) lima penumpang.
Pada varian Outlander PHEV tipe G Premium, desainnya terlihat sangat aerodinamis dengan headlamp di hidung yang meruncing, menyatu dengan tiga bilah chrome grille horisontal. Ciri khas air intake yang berdesain segi empat berbalut gril pada Outlander bermesin konvensional yang biasa kita temui di jalanan Indonesia juga terlihat pada Outlander PHEV ini meski terlihat lebih tipis.
Di bagian belakang, kombinasi stoplamp dan lampu sein pada Outlander PHEV mengingatkan kita pada sosok SUV Pajero Sport karena desain lampunya yang hampir menyerupai.
Posisi colokan untuk mengisi ulang sel baterainya di tempatkan di sisi kanan belakang.
Anda pasti tak sabar untuk melihat penampakannya dan merasakan berkendara dengannya, kan?

Penulis: choirul arifin  |  Editor: Johnson Simanjuntak

No comments: