Thursday, December 5, 2013

Pebalap Yamaha Indonesia Ditempa Cuaca Dingin Jepang


Foto : Yamaha Indonesia

Sugo, KompasOtomotif – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tengah mengembangkan skill pebalap-pebalap muda. Tahun ini, 10 pebalap terbaik gemblengan Yamaha Riding Academy (YRA), bakal diberi pelatihan tambahan dalam dua tahap, berlatih di Sentul dan diajak ke Sirkuit Sugo, Jepang, demi memperkaya pengalaman.

Fokus lanjutan YIMM tersebut untuk mempertahankan segmen sepeda motor sport yang saat ini masih leading. 23-25 Oktober lalu, kesepuluh pebalap sudah menjalani latihan tahap ke-2, fokus naik sepeda motor kelas supersport 600cc, mirip Moto2 di seri balap premier dunia.

Pelajaran utama, adaptasi pada suhu ekstrim, karena Jepang sedang dilanda musim dingin. Tentu, suhu udara dan lintasan mewajibkan pebalap mengubah gaya berkendara. Kondisi ini sama dengan yang dialami sirkus MotoGP yang selalu berpindah benua, dari cuaca panas sampai dingin ekstrem.

Yoshiyaki Kato, instruktur, memberikan pelajaran beragam di sirkuit sepanjang 3,7 km itu. Di antaranya penyesuaian handling pada suhu dingin, memilih ban yang tepat, hingga bernafas dan membuang udara untuk menghindari kaca helm berembun.

”Di hari pertama, ada yang tangannya kram. Di sirkuit dengan lay out yang terbilang ekstrem, para pebalap juga diajarkan cara memperlakukan YZF-R6 saat masuk dan keluar tikungan. Teknik pengereman dan buka tutup gas jadi kunci juga,” kata Supriyanto, Manajer Motorsport YIMM dalam siaran persnya.

Pelaksanaan YRA 2013 yang diikuti 10 pebalap ini disebut YRA Gold. Tahun depan YRA masih berlanjut, melatih pebalap di kelas YRA Basic/ Novice Rider yang menggunakan sepeda motor underbone dan YRA Bronze/ Expert Rider dengan sepeda motor sport.

M. Abidin, GM Technical Service PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menjelaskan, selepas latihan di Sugo, 10 pebalap mengikuti uji fisik melalui balapan Suzuka Endurance 4 Hours. ”Kami akan pilih empat terbaik untuk diuji fisik. Bukan cuma terbaik dari catatan waktu mereka di YRA, tapi terbaik juga pada kekuatan fisiknya,” ujarnya.

10 pembalap peserta YRA 2013 :
1. Imanuel Pratna – Supersport Rider – Yamaha Indoprom RT
2. Sudarmono – Supersport Rider/Indoprix Rider  - Yamaha DS Motto
3. Sigit PD – Indoprix Rider – Yamaha Yonk Jaya
4. Florianus Roy – Indoprix Rider – Yamaha Yonk Jaya
5. Anggi Permana – Indoprix Rider – Yamaha Trijaya Jaya
6. M Zaki – Motoprix Rider – Yamaha Trijaya Jaya
7. Fitriansyah Kete – Indoprix Rider – Yamaha Tunggal Jaya
8. Rey Ratukore – Indoprix Rider – Yamaha Tunggal Jaya
9. Tammy Pratama – Motoprix Rider – Yamaha SND
10. Yoga Adi Pratama – Indoprix Rider – Yamaha Ridlatama
Penulis: Donny Apriliananda



Konten ini adalah kerjasama antara Otomotif Kompas.com dengan Yamaha Motor Indonesia


Editor : Aris F. Harvenda










No comments: