Tuesday, December 24, 2013

Mobil Murah Bekas Sudah Mulai Dijual




Foto : KompasOtomotif | Author : Agung Kurniawan


Jakarta, KompasOtomotif - Baru berusia tiga sampai empat bulan sejak pertama kali mulai dipasarkan, ternyata mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) sudah masuk ke ranah bekas (mobkas). Dari pantauanKompasOtomotif, ternyata sudah ada Daihatsu Ayla dan Toyota Agya "seken" yang dijual di sentra mobkas WTC Mangga Dua, Jakarta Utara, mulai pekan lalu.
Total terdapat lima mobil murah "bekas" yang dijajakan di tempat ini, terdiri dari 2 unit Daihatsu Ayla dan 3 unit Toyota Agya. "Para pedagang bilang, mereka dapat dari konsumen yang sudah lama punya mobil, bukan kategori first time buyer. Jadi coba-coba, lalu mau jual lagi," jelas Herjanto Kosasih, Senior GM WTC Mangga Dua kepada KompasOtomotif, Jumat (6/12/2013).
Soal harga jual, ternyata duo mobil murah ini tidak semujur "duet maut" Avanza-Xenia ketika pertama kali diluncurkan 2004 silam. Kala itu, menumpuknya pesanan pada kedua model tersebut membuat banderol mobkasnya lebih mahal dari harga baru pada tahun berikutnya.
"Kali ini tidak terjadi. Untuk produk LCGC banderolnya sama seperti mobkas lain, berkisar 10-15 persen lebih murah dari banderol barunya," tukas Herjanto. Jadi kalau banderol tipe termahal LCGC itu Rp 120 juta, artinya seken-nya ditawarkan mulai Rp 100-102 juta.
Dengan adanya mobkas mobil murah, konsumen semakin banyak pilihan. Mau produk baru atau mobkas yang baru berusia 3 sampai 4 bulan masa pemakaian dengan banderol lebih murah 10 persen. Tertarik?
Editor : Aris F. Harvenda





No comments: