Thursday, June 12, 2014

Rp 76 Juta Dapat Mobil Baru? Intip Plus Minus Mobil LCGC


Foto : Hasan Alhabshy/detikOto

Jakarta -Kehadiran mobil murah dan ramah lingkungan (LCDC/low cost green car) di Indonesia mendapat sambutan positif dari masyarakat Indonesia. Bagi masyarakat kelas menengah di Indonesia, impian untuk memiliki mobil baru pun terwujud dengan hadirnya LCGC ini. 

Walaupun pada tahap awal hanya sedikit mobil LCGC yang diproduksi, tapi ke depannya tampaknya mobil LCGC ini akan semakin banyak diproduksi dan laris di pasaran.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk membeli mobil murah dan ramah lingkungan ini, ada baiknya untuk memerhatikan terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan mobil ini. 

Berikut ini kami berikan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan dari mobil LCGC ini. Jadi, dengan begitu Anda tidak akan kecewa setelah membelinya karena Anda sudah mengetahui seperti apa mobil LCGC sebelumnya.

Poin Minus

1. Tenaga

Karena konsumsi bahan bakar mobil LCGC sangat irit, tak heran apabila mesin yang digunakan kapasitasnya juga kecil, antara 900 cc hingga 1.200 cc. Jadi, jangan heran apabila tenaga yang dihasilkan oleh mobil-mobil murah dan ramah lingkungan ini tergolong kecil jika dibandingkan dengan mobil-mobil lainnya.

2. Kapasitas

Sejalan dengan kecilnya tenaga mesin yang digunakan, maka kapasitas penumpang mobil LCGC juga tidak terlalu banyak agar mobil tidak keberatan jika membawa penumpang dengan jumlah yang banyak. Kapasitas mobil LCGC hanya untuk empat orang, ditambah ruang bagasi yang secukupnya. Jika mobil kelebihan beban, akselerasi pun akan berat.

3. Bobot mobil

Mayoritas mobil LCGC terbuat dari bahan yang ringan. Hal tersebut tentu akan membatasi kecepatan Anda ketika berkendara karena mobil akan terasa melayang, apalagi jika hanya berisi satu penumpang. Atau, jika berpapasan dengan bus atau truk akan terasa getaran yang membuat mobil ini kurang nyaman.

4. Fitur keselamatan

Layaknya konsep mobil murah, maka di dalam mobil murah ini tidak semuanya dipasang fitur keselamatan. Hanya ada beberapa mobil LCGC yang memiliki fitur keselamatan seperti kantong udara dan sistem pengereman ABS. Selain itu, untuk mempertahankan harga yang murah, beberapa mobil LCGC juga mengorbankan beberapa fitur yang cukup utama di mobil, seperti AC dan pemutar musik.

Poin Plus

1. Harga

Harga merupakan keunggulan utama mengapa mobil ini sangat laris. Mobil-mobil LCGC dijual dengan harga yang sangat murah dibandingkan mobil baru jenis lainnya, yakni sekitar Rp 70 juta hingga Rp 120 juta. Jadi, jika sebelumnya Anda harus menabung lama hingga terkumpul uang sekitar Rp 200 juta untuk mendapatkan sebuah mobil baru, kini waktu menabung Anda jadi lebih singkat karena harga mobil LCGC yang murah.

2. Konsumsi bahan bakar

Salah satu syarat utama mobil LCGC adalah konsumsi bahan bakar yang sehemat mungkin minimal 1 liter untuk 20 km. Jadi, dengan memiliki mobil LCGC, pengeluaran Anda untuk membeli bahan bakar juga bisa ditekan serendah mungkin.

3. Ramah lingkungan

Sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi, jadi sudah pasti mobil-mobil LCGC lebih ramah lingkungan dibanding mobil-mobil non LCGC. Karena itu, konsumen juga turut berkontribusi dalam mengurangi pemanasan global.

4. Premi asuransi murah

Keunggulan lain yang juga didapat apabila memiliki mobil LCGC adalah biaya premi asuransi yang murah per tahunnya. Jika harga mobil LCGC Rp 100 juta, premi yang Anda bayar tiap tahun hanya Rp 1 juta, yaitu 1% dari harga mobil. Namun, Anda juga perlu meneliti terlebih dahulu perusahaan asuransi mana saja yang memiliki produk asuransi untuk mobil LCGC.

iMoney - detikOto

http://oto.detik.com/read/2014/06/10/150254/2604181/1596/3/rp-76-juta-dapat-mobil-baru-intip-plus-minus-mobil-lcgc

(ddn/ddn)



No comments: